Tanda-Tanda Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita

Tanda-Tanda Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita - Ketika seorang wanita mengalami keputihan, umumnya wanita tersebut menjadi tidak percaya diri dan khawatir terserang penyakit yang lebih berbahaya. Secara umum, keputihan bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus.
Tanda-Tanda Keputihan Yang Berbahaya Pada Wanita


Berikut adalah tanda-tanda keputihan yang berbahaya bagi wanita  

Keluar cairan berwarna kuning pekat, hijau, atau coklat tua yang terlihat sangat kental.

Munculnya bau yang sangat menyengat disertai rasa panas maupun nyeri di area vagina dan selangkangan.
   
Munculnya ruam yang disertai rasa gatal yang tidak kunjung sembuh. Terkadang untuk beberapa wanita, ruam yang terlihat akan disertai dengan munculnya kutil.

Rasa nyeri dan perih ketika melakukan hubungan seksual. Namun demikian, untuk beberapa kejadian tertentu, wanita yang menderita keputihan akan mengalami pendarahan yang disertai cairan kental keputihan.

Tanda-tanda keputihan yang berbahaya bagi wanita diatas umumnya muncul karena beberapa sebab, antaralain:


Kelembaban dan pH vagina yang tidak terjaga dengan baik ketika seorang wanita sering memakai celana dalam yang lembab dan basah.

Penggunaan sabun mandi untuk membersihkan area kewanitaan yang biasanya berujung pada infeksi atau peradangan karena pH sabun mandi yang umumnya tidak sesuai dengan area vagina.

Cara membersihkan area kewanitaan yang salah, terutama untuk pembersihan secara tradisional.

Munculnya keputihan sebagai akibat dari penyakit lain yang lebih berbahaya seperti AIDS, kanker serviks, myom, klamidia, dan lainnya.

Timbunan lemak dalam tubuh yang umumnya menyebabkan ketidakseimbangan peredaran darah dan ketidakseimbangan produksi hormon reproduksi, seperti hormon estrogen.

Setelah melihat berbagai sebab diatas, tentunya Anda tidak ingin terserang keputihan dan berikut adalah beberapa cara mengatasi keputihan secara alami.

# Bayam


Ketika Anda tidak ingin terinfeksi bakteri atau jamur penyebab keputihan yang berbahaya, salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah bayam. Selain memperbaiki nutrisi yang masuk kedalam tubuh, bayam mengandung klorofil, vitamin, dan zat besi yang membantu meningkatkan imunitas. Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi bayam sebanyak 200 gram dalam bentuk rebusan maupun sayur tumis.

# Kubis


Kubis mengandung zat besi, mangan, dan vitamin yang cukup tinggi untuk menstabilkan produksi hormon estrogen dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi 150-200 gram dalam bentuk rebusan maupun salad. Namun demikian, agar konsumsi kubis bermanfaat menghindarkan Anda dari keputihan, seimbangkan konsumsinya dengan minum air putih 8 gelas sehari dan olahraga teratur

# Alpukat


Salah satu buah yang bisa digunakan untuk perawatan organ kewanitaan dari dalam adalah alpukat. Ketika Anda mengkonsumsi 200-250 gram alpukat per hari, Anda akan mendapat asupan mineral, vitamin, dan antioksidan yang membantu menstabilkan produksi hormon reproduksi, menguatkan otot rahim, dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, proses regenerasi sel reproduksi tubuh juga akan berlangsung lebih cepat.

# Daun pegagan



Ketika Anda ingin terbebas dari infeksi jamur maupun bakteri penyebab keputihan, salah satu ramuan alami yang bisa Anda konsumsi adalah daun pegagan. Anda bisa menghaluskan 100 gram daun pegagan dan merebusnya dalam 600ml air. Saat mendidih, saring dan bagi kedalam dua gelas untuk diminum teratur setiap pagi dan sore setelah makan. Ramuan daun pegagan ini bisa berperan sebagai antibiotik yang membantu melawan peradangan di area vagina.

Semoga bahasan tentang tanda-tanda keputihan yang berbahaya bagi wanita diatas, dapat membantu Anda untuk lebih waspada akan bahaya keputihan.

Related Posts: