Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami - Keputihan adalah salah satu penyakit yang dihindari banyak wanita, karena ada anggapan yang menyatakan bahwa ketika seorang wanita mengalami keputihan, terlebih keputihan yang berwarna hijau atau coklat, itu adalah pertanda wanita tersebut mengalami penyakit yang lebih serius.
Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Dalam prakteknya, ada beberapa cara mengobati keputihan yang bisa dilakukan, seperti:


Menggunakan pantyliner setelah haid untuk mengurangi resiko infeksi bakteri atau jamur serta menstabilkan pH vagina.

Tidak mengkonsumsi makanan berminyak maupun kopi secara berlebih yang bisa menyebabkan ketidakstabilan produksi hormon estrogen.

Tidak menggunakan bahan permbersih vagina yang berasal dari bahan kimia dan tidak Anda ketahui efek sampingnya.

Selain melakukan cara pencegahan diatas, berikut adalah beberapa cara mengobati keputihan secara alami yang bisa diterapkan saat senggang


Biji fenugreek


Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah biji fenugreek. Anda bisa merendam satu sendok makan biji fenugreek selama 24 jam dan dalam hal ini pakailah air hangat. Saat pagi, air rendaman fenugreek yang sudah disaring bisa diminum dengan tambahan satu sendok teh madu. biji fenugreek bermanfaat menaikkan pH vagina dan menstabilkan kadar estrogen. Kandungan senyawa  antioksidan dalam fenugreek juga dapat membantu kelancaran peredaran darah yang bermanfaat dalam regenerasi sel reproduksi.       

Cuka sari apel


Bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan adalah cuka sari apel. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara melarutkan 20ml cuka sari apel kedalam 200ml air. Jangan lupa tambahkan satu sendok madu murni kedalam larutan cuka sari apel dan minum setiap pagi setelah makan saat hangat. Minuman yang terbuat dari cuka sari apel akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki stamina saat haid. Selain itu, larutan cuka sari apel juga bisa menstabilkan pH vagina dan membantu mencegah infeksi yang berasal dari jamur saat Anda mengenakan celana dalam lembab.

Jus delima


Jus delima termasuk salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan keputihan. Delima mengandung banyak senyawa yang bermanfaat seperti flavonoid, terpenoid, mineral, dan vitamin yang membantu membunuh bakteri penyebab keputihan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk bisa merasakan khasiatnya, blender 50 gram buah delima dan campur air hangat sebanyak 300ml. tambahkan madu sebelum diminum sekali sehari setiap pagi. 

Jus basil dan susu


Jus yang terbuat dari bahan basil dan susu juga dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan obat keputihan. Kedua bahan ini mengandung asam amino, mineral, dan vitamin yang dapat membantu mengendalikan kadar pH vagina. Anda bisa mengkonsumsi jus yang satu ini setidaknya sekali sehari. Hanya saja, untuk pemakaian susu yang dicampurkan dengan basil, pilih produk susu yang rendah lemak atau susu yang terbuat dari kedelai.

Jahe


Jahe terkenal memiliki antioksidan dan antibakteri yang ampuh membunuh bakteri dan virus penyebab keputihan. Anda bisa memanfaatkan jahe dengan cara memipihkan terlebih dahulu 2 siung jahe seukuran ibu jari dan merebusnya dalam 400ml air. Saat mendidih, saring air dan bagi kedalam dua gelas. Tambahkan madu secukupnya sebelum Anda mengkonsumsi ramuan ini sekali sehari sebelum tidur.

Bawang putih


Bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati keputihan secara alami adalah bawang putih. Anda bisa menghaluskan terlebih dahulu 4-6 siung bawang putih dan merebusnya dalam 300ml air. Didihkan dan saring airnya sebelum kemudian ditambahkan madu. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Related Posts: