Penyebab Keputihan Berwarna Coklat dan Berbau

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat dan Berbau - Keputihan wanita adalah salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita dan penyakit ini cenderung membuat wanita yang mengalaminya tidak percaya diri maupun stres. Secara umum, keputihan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun jamur Candida yang sering berkembang pada area kewanitaan karena celana dalam yang dipakai lembab atau masalah lainnya. Dari sekian banyak jenis keputihan, ada satu jenis keputihan yang perlu Anda waspadai, yaitu saat Anda mengalami keputihan yang berwarna coklat muda atau coklat gelap dengan bau menyengat.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat dan Berbau

Penyebab keputihan berwarna coklat dan berbau ini bisa bermacam-macam, diantaranya:


# Atrofi vaginitis


Atrofi vaginitis adalah satu keadaan dimana otot vagina mengalami pengerutan dan kerusakan sel sehingga pada saat menstruasi, darah yang keluar akan terlihat lebih kental dan umumnya setelah masa menstruasi selesai, akan terjadi keputihan yang berwarna coklat dan bau yang tidak sedap. Gejala lain yang diperlihatkan penderita atrofi vaginitis umumnya berupa rasa perih diarea perut, panas di area vagina, maupun kadar estrogen yang menurun.

# Polip rahim


Ketika Anda mengalami keputihan yang berwarna coklat tua disertai lendir yang berbau menyengat, ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena Anda mengalami polip di area rahim (uterus). Polip yang terbentuk akan menghambat proses menstruasi dan umumnya orang yang mengalaminya akan menderita gejala lain berupa nyeri di area rahim yang tidak kunjung sembuh, pendarahan yang cukup banyak saat berhubungan intim, maupun gejala lainnya. 

# Gonorrhoeae


Salah satu penyebab keputihan berwarna coklat dan berbau adalah penyakit menular seksual seperti  gonorrhoeae, dimana area vagina akan terinfeksi oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan muncul berbagai gejala seperti keputihan yang berwarna coklat, ruam di area selangkangan, gatal, dan bau yang sangat menyengat. 

# Keguguran


Terkadang ketika seorang wanita mengalami keguguran, salah satu indikasi yang bisa terlihat adalah keluarnya keputihan yang berwarna coklat dan berbau tidak sedap. Hal ini karena, embrio yang baru terbentuk dari hasil pembuahan, tidak cukup kuat untuk menempel di dinding rahim. Peristiwa ini umumnya terjadi disaat usia kehamilan masih di trimester pertama dan indikasi lain yang terlihat adalah nyeri di area rahim maupun tubuh yang mudah lelah.

# Inflamasi panggul


Ketika Anda mengalami peradangan di bagian panggul karena infeksi bakteri atau masalah lainnya, salah satu gejala yang bisa Anda rasakan adalah keputihan yang berbau menyengat dan berwarna coklat. Hal tersebut karena peradangan yang terjadi di area panggul umumnya juga akan memicu infeksi di bagian tuba fallopi dan vagina yang memicu munculnya keputihan. 

# Kanker serviks


Ketika Anda menderita gejala awal kanker serviks, salah satu gejala yang akan diperlihatkan fisik adalah munculnya keputihan yang berwarna coklat dan berbau menyengat. Hal tersebut terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan abnormalitas sel dan mendesak pengeluaran darah menstruasi menjadi tidak normal dan akhirnya menimbulkan gejala abnormal seperti keputihan warna coklat, selain penurunan berat badan yang terjadi mendadak dan kelelahan berlebihan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab keputihan berwarna coklat dan berbau diatas, akan lebih baik jika Anda mengupayakan berbagai upaya pencegahan, seperti:
  • Melakukan pemeriksaan ke dokter segera ketika Anda merasakan gejala keputihan lebih dari 7 hari yang disertai rasa perih dan gatal.
  • Mengkonsumsi banyak air putih dan memperhatikan asupan nutrisi yang dimakan per hari. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah banyak dibandingkan makanan berlemak.

Related Posts: